• Jelajahi

    Copyright © INDOLIN.ID | INDONESIA ONLINE
    Best Viral Premium Blogger Templates

    DAERAH

    Kabar Duka, Rumah Adat Kerajaan Bone Terbakar

    INDOLIN.ID
    Sabtu, 20 Maret 2021, 11.37 WIB Last Updated 2021-03-20T04:37:56Z
    Kabar Duka,  Rumah Adat Kerajaan Bone Terbakar

    INDOLIN.ID ■ Kabar duka datang dari Kabupaten Bone. Pasalnya rumah adat kerajaan Bone atau dikenal dengan Saoraja (Bola Soba) yang berada di jalan Latenritatta, kecamatan Watampone, kabupaten Bone Sulsel hangus dilahap si jago merah, pada Sabtu (20/3/2021) sekitar pukul 04.00 Wita dini hari.

    Berdasarkan informasi yang beredar, api baru bisa dipadamkan sekitar 2 jam lamanya. Hal ini dikarenakan api yang sangat lebat dan cepat menyebar.

    Menurut Kepala Bidang Pencegahan Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bone, Akbar menuturkan bahwa yang membuat lama adalah saat proses pendinginan, arena harus dipastikan tidak adanya bara api yang menyala.

    “Sebenarnya api berhasil kita kuasai dalam waktu 30 menit, tapi kan ada proses pendinginan yaitu untuk memastikan seluruh bara tak ada lagi yang menyala,” ujar Akbar, dikutip dari liputan6.

    Diketahui, api berhasil dipadamkan dengan menggunakan sebanyak 6 unit mobil pemadam kebakaran diterjunkan untuk memadamkan api yang melalap Bola Soba. Selain itu 70 personel Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bone juga dikerahkan untuk berjibaku memadamkan api. 

    Bahkan hampir seluruh bagian rumah adat Kerajaan Bone itu habis dilalap si jago merah, yang tersisa dengan utuh pasca kebakaran hanyalah bagian tiang rumah saja serta sisi depan yang kayunya berasal daru kayu tempo dulu. Tiangnya masih utuh, karena terbuat dari kayu tempo dulu sehingga bisa kuat.

    Hingga artikel ini diterbitkan, terkait penyebab kebakaran rumah adat Bone pun belum diketahui. Dan akan diselidiki oleh pihak kepolisian.

    Dilansir dari laman Dinas Kebudayaan Kabupaten Bone, Saoraja atau Bola Soba dalam bahasa Indonesia berarti Rumah Besar atau Rumah Persahabatan yang merupakan salah satu peninggalan sejarah kerajaan Bone dimasa lalu.

    Bangunan rumah panggungnya yang sarat dengan nilai-nilai sejarah ini masih berdiri kukuh terletak Jalan Latenritatta, Watampone, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan. **

    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terbaru