-->
  • Jelajahi

    Copyright © INDOLIN.ID | INDONESIA ONLINE
    Indolin id
    CLOSE ADS
    CLOSE ADS

    ECONOMY

    Desa Tenganan Raih Juara Terbaik Nasional Kategori Desa Wisata Budaya

    INDOLIN.ID
    Jumat, 27 Agustus 2021, 20.33 WIB Last Updated 2021-08-27T13:33:15Z

    INDOLIN.ID ■ Bupati Karangasem menerima langsung penghargaan atas dinobatkannya salah satu destinasi wisata unggulan di Karangasem sebagai Desa Wisata Terbaik dalam ajang Trisakti Tourism Award 2021. Ajang bergengsi ini menganugerahkan Desa Tenganan Pegringsingan sebagai terbaik 1 Nasional dalam kategori Desa Wisata Budaya.

    Tidak mudah berpuas diri, dengan penghargaan ini, Bupati Gede Dana ditemui usai menerima penghargaan ini di Jakarta pada Kamis (26/8/2021), justru merasa tertantang dalam mengembangkan desa wisata di daerahnya. 

    Tidak hanya satu, bahkan dia berharap, dalam ajang yang sama tahun depan, 22 desa wisata di Kabupaten Karangasem, bisa memperoleh prestasi di semua kategori.

    “Kita harus menjaga, melestarikan dan mendukung desa wisata ini. Inikan baru satu desa yang kita bisa menjuarai, inginnya kita 22 desa wisata juga mampu bersaing. Selanjutnya kita akan fokus dan lakukan pembinaan kepada desa lainnya untuk mengemas potensi di desanya masing-masing dengan baik, sehingga mampu menarik perhatian dunia Pariwisata,” ungkapnya sembari berharap saat Pandemi berlalu, Pariwisata di Karangasem telah siap menyajikan potensi di setiap desa sebagai salah satu daya tarik wisatawan untuk datang kembali. 

    Anugerah Desa Wisata Budaya terbaik ini diperoleh setelah melalui seleksi penilaian yang ketat oleh dewan juri ‘Trisakti Tourism Award’ yang diketuai Sapta Nirwandar. Dewan juri juga melakukan verifikasi lapangan secara langsung ke lokasi Desa Wisata Tenganan Pegringsingan. Setelah melalui proses penilaian yang panjang tersebut, akhirnya Dewan Juri menobatkan Desa Tenganan Pegringsingan sebagai yang terbaik tingkat Nasional.

    Dewan juri yang diketuai Sapta Nirwandar bersama dewan juri lainnya menyampaikan bahwa keputusan ini telah melalui kajian dan analisis dari berbagai aspek terkait. Deretan nama besar lainnya sebagai dewan juri diantaranya Rahayu Setyowati (Ketua Asosiasi Jasa Boga Indonesia), Ayu Dyah Pasha, David Makes (Founder Plataran Menjangan), Prof. Dr. Ir. Giyatmi, M.Si, Abdullah Azwar Anas (Mantan Bupati Banyuwangi), dan Chef Vindex Tengker.

    Kompetisi Trisakti Tourism Award tahun 2021 dengan Tema Desa Wisata ini diikuti oleh 242 Daerah Kabupaten/Kota di Indonesia. Terdapat empat kategori Desa Wisata yg dilombakan yaitu Kategori Desa Wisata Alam, Desa Wisata Budaya, Desa Wisata Kreatif, dan Desa Wisata Berbasis Kuliner. (Ami/Imam Santoso)

    Komentar

    Tampilkan

    BERITA TERBARU