Pendidikan Demokrasi Di Sekolah, Bawaslu Kabupaten Kepulauan Selayar Gandeng Pelajar


INDOLIN.ID, SELAYAR Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kepulauan Selayar sukses menggelar kegiatan "Bawaslu Goes To School" yang dilaksanakan di Aula SMK Negeri 1 Benteng Selayar, pada Sabtu (26/3/2022). 

Kegiatan dihadiri oleh Amrayadi SH, MH koordinator divisi Pengawasan Bawaslu Provinsi Sulsel, Abd. Kadir, S.T., M.M dan Nurul Badriyah anggota Bawaslu kab. Kep. Selayar, Makasolla, S. Pd Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Benteng Selayar, Muhammad Nur, S. Pd., M.M Kepala Cabang Dinas Prov. Sul-Sel Wilayah VI Kepulauan Selayar dan Muhammad Sayuti Salam, S. Ag mewakili Kemenag kab. Kep. Selayar serta para peserta dari masing masing perwakilan sekolah tingkat SMA sederajat. 

Amrayadi dalam sambutanya mengajak pemilih pemula ikut serta dan terlibat dalam pengawasan partisipatif Pemilu dan Pemilihan serentak tahun 2024 nantinya.

"Kegiatan Bawaslu Goes To School adalah upaya Bawaslu untuk memberikan pendidikan politik dan demokrasi, dengan menyasar pemilih pemula sebab pemilih pemula merupakan garda terdepan dalam menentukan  proses demokrasi," ucapnya.


Abdul kadir, S.T., M.M Kordiv Pengawasan dan Hubungan antar Lembaga menyampaikan bahwa dalam meningkatkan pengawasan pemilu partisifatif Bawaslu menggalang pemilih pemula karena pemilih pemula ini sangat memiliki peranan strategis mengingat jumlah pemilih pemula yang sekarang ini sampai pemilu 2024 jumlahnya ribuan pemilih. 

"Saya berharap penuh kepada para peserta calon pemilih baru agar kiranya menjadi mitra strategis Bawaslu Kabupaten Kepulauan Selayar dalam melalukan sosialisasi dan pendidika demokrasi pada setiap tahapan pemilu dan pemilihan," ujarnya 

Diakhir kegiatan dilakukan deklarasi Forum Pelajar Pengawas Pemilu, adapun tindak lanjut dari kegiatan "Bawaslu Goes To School diantaranya Para peserta Bawaslu Goes School" berkomitmen untuk membentuk wadah bersama yang bertujuan untuk melakukan sosialisasi pendidikan demokrasi dikalangan pelajar, wadah bersama yang dibentuk diberi nama Forum Pelajar Pengawas Pemilu. (Tim).