-->
  • Jelajahi

    Copyright © INDOLIN.ID | INDONESIA ONLINE
    Indolin id
    CLOSE ADS
    CLOSE ADS

    ECONOMY

    Wamendes PDTT: Pariwisata Harus Berbasis Desa, Agar Desa Tidak Hanya Jadi Penonton

    INDOLIN.ID
    Rabu, 07 April 2021, 23.16 WIB Last Updated 2021-04-07T16:16:00Z

    INDOLIN.ID ■ Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Wamendes PDTT), Budi Arie Setiadi mengatakan, desa-desa di Indonesia harus terlibat dalam pengembangan pariwisata di setiap daerah.

    Sebab menurutnya, pengembangan pariwisata Indonesia adalah berbasis budaya, yang sebagian besar ada di perdesaan.

    Hal itu disampaikan pada pertemuan dengan Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Edrwars Omar Sharif Hiariej dan Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Angela Tanoesoedibjo di Jakarta, di Jakarta pada Selasa (6/4) kemarin.

    "Pariwisata harus berbasis desa, agar desa tidak hanya jadi penonton. Harus terlibat dalam pengembangan wisata di daerah masing-masing," ujarnya.

    Dikatakan Wamen Budi Arie, peningkatan kegiatan ekonomi di desa merupakan cara untuk mengangkat masyarakat dari kemiskinan. keterlibatan desa dalam pengembangan sektor pariwisata daerah, akan memicu peningkatan produktifitas ekonomi masyarakat desa.

    "Kalau desa mau diangkat dari kemiskinan, maka desa harus melakukan kegiatan ekonomi. Artinya desa harus produktif. Produktif itu kan kerja," terangnya lagi.

    Di sisi lain, Wamen Budi Arie juga ingin produk-produk desa dapat bersaing di dunia e-commerce. 

    Ia menyayangkan produk-produk impor yang mendominasi produk e-commerce di Indonesia.

    "Kita sedang garap e-commerce yang 100 persen adalah produk Indonesia. Jadi jelas golnya. Soal menang atau kalah biar takdir yang menjemput," pungkasnya.

    Sumber : Humas Kemendes PDTT
    Editor : Suherman
    Komentar

    Tampilkan

    BERITA TERBARU