Lagi, Nelayan Di Pulau Jampea dan Karumpa Temukan Benda Mirip Rudal


INDOLIN.ID, SELAYAR — Sebuah benda mirip rudal maupun drone laut dengan ukuran panjang 120 cm diameternya 20-25 cm ditemukan warga di pantai Dadangbila Desa Kembangragi, Kecamatan Pasimasunggu, Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. 

Benda asing yang dicurigai sebagai bahan peledak itu ditemukan seorang Nelayan bernama Andi Arifin Lewa (54 ), warga Dusun Benteng Selatan, Kecamatan Pasimasunggu, Kabupaten Kepulauan Selayar, pada 9 Pebruari 2022 lalu.

Warga yang menemukan benda mirip rudal/ Drone Laut ini menemukannya saat menyisir pantai Dadangbila, saat mencari umpan untuk mancing.

Saat itu, Andi Arifin  yang hanya seorang diri tanpa teman tiba-tiba melihat sebuah benda yang dalam pikirannya benda itu banyak mengandung Timah yang bisa dijadikan pemberat tali Pancing.

"Awalnya pak saya bermaksud mengambil Timahnya untuk pemberat Tali pancing, tapi niat saya urungkan berhubung sudah magrib sambil kusampaikan di masyarakat sekitar agar tidak mendekat ketempat dimana barang tersimpan," ungkap Andi Arfin saat ditemui dilokasi penyimpanan sementaranya di salah satu Gubuk milik Masyarakat di Pitang.

Namun kala itu sudah menjelang Magrib sehingga dirinya hanya mengamankan dan menyandarkanya disebuah pohon yang tidak jauh dari tempat awal ditemukannya.

2 hari kemudian barulah dirinya kembali mendatangi dan melihat benda yang hingga saat ini belum diketahui pasti jenisnya tersebut.

"Setelah di bersihkan, barulah ada rasa takut akan benda yang ia temukan itu, karena sudah terlihat jelas ada lampu merah menyala aktif secara berkedip," ucap Andi Arifin, pada  Rabu (16/02/2022).

Selain itu, dibagian tengah dari benda tersebut terdapat tulisan berbahasa Inggris yang salah satunya tertulis dengan jelas kalimat WARNING.


Ditengah rasa takut yang menyelimuti dirinya, Andi Arifin barulah melaporkannya ke Babinsa Desa Kembangragi Serda Romah.

Mendapatkan Laporan, Serda Romah bersama Serda Riswan dan Babinmas Bripda Riswandi, Kasi Ekbang Kantor Camat Pasimasunggu Awaluddin, SE serta beberapa angota Sat Pol PP Langsung mendatangi TKP dimana benda asing itu disimpan.

Babinsa Romah dan Anggota lainnya setelah menyaksikan benda Asing tersebut lansung melaporkan ke pimpinan untuk petunjuk selanjutnya.

Dugaan sementara, bahwa benda asing tersebut adalah barang yang kemungkinan  bisa meledak bahkan bisa membahayakan. 

"Benda ini kita amankan pak sambil menunggu petunjuk dari pimpinan," kata Binsa Serda Romah pada Wartawan media ini saat ditemui di TKP.

Untuk diketahui benda dengan bentuk serupa tersebut juga ditemukan sebelumnya di daerah yang sama pulau Jampea dan pulau Karumpa, Kecamatan Pasilambena Sehingga untuk saat ini jumlah benda tersebut berjumlah 3 buah. 

Benda ini memiliki ukuran berat 5Kg menyerupai bentuk rudal/ Drone Laut tertempel plat berupa bendera bertuliskan USA dengan No 26350 dan bertuliskan WARNING CONTAINS CO2 GAS UNDER HIGH PRESSURE DO NOT ESPOSE TO TEMPRATURES ABOVE 130 F (54 C) DO NOT DROP. 

Sementara Dandim 1415 Selayar,  Letkol. Kav. Adi Priatna, Rabu (16/2) membenarkan adanya penemuan benda tersebut dan saat ini benda itu telah diamankan ke Mapolsek Pasimasunggu. 

"Benda yang ditemukan jenisnya seperti tabung peledak karena tidak boleh dijatuhkan ada tulisan peringatan berisi gas co2 jangan sampai terkena suhu di atas 54 c," jelas Letkol. Kav. Adi Priatna. 

"Benda itu sudah dijauhkan dari kerumunan, kita tunggu hasil pemeriksaan ya," imbuhnya (Tim)