Desa Laiyolo Baru Andalkan Wisata Desa Untuk Dongkrak Perekonomian Warga


INDOLIN.ID | SELAYARPemerintah Desa Laiyolo Baru, Kecamatan Bontosikuyu, Kabupaten Kepulauan Selayar saat ini gencar melaksanakan berbagai terobosan guna meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), salah satunya dengan mendorong sektor pariwisata agar terus tumbuh dan berkembang. 

"Sejak pandemik covid-19 melandai, Pemdes Laiyolo Baru, tetap fokus guna mengembangkan sektor pariwisata," Demikian disampaikan Hasanuddin Kepala Desa Laiyolo Baru, yang dalam hal ini diwakili oleh Sekdes Baharuddin, pada Senin (23/5).

Selain melakukan pendataan dan pengembangan sejumlah obyek wisata desa, Pemerintah Desa Laiyolo Baru saat ini tengah merampungkan wahana obyek wisata baru berupa kolam renang dengan ukuran 25 x 40 meter.

"Ini adalah obyek wisata pertama di selayar, kolam renang dengan mengunakan air tawar, bukan air laut ya," kata Baharuddin, seraya menambahkan bahwa wahana ini berdiri dilahan seluas 1 hektar seluruhnya, sedangnya biaya dianggarkan sebesar 200juta dari Dana Desa.

Kedepan, lanjut Sekdes, wahana ini tidak hanya menyuguhkan sarana rekreasi berupa pemandian kolam renang saja, tapi ada juga wahana lain yang akan melengkapi fasilitas wisata desa tersebut.

Menurutnya, hadirnya wahana kolam renang air tawar tersebut, berdasarkan usulan tokoh masyarakat setempat agar ada pemasukan ke PAD Desa dan warga. Pasalnya, selain difungsikan sebagai obyek pariwisata, air yang dialirkan ke kolam renang, sebagian juga dialirkan ke dusun. Air gunung ini di tarik ke rumah warga.


"Bila nanti telah di fungsikan, inshaAllah perekonomian warga bisa lebih baik," katanya.

Beberapa obyek wisata yang menarik di desa ini, seperti pantai timur, pantai balendongan, terlebih saat ini juga mulai ramai dibangun villa-villa.

Selain kawasan pariwisata Balendongan dan area wisata di Dsn. Timoro, Desa Laiyolo Baru juga memiliki tempat wisata fantastik seperti Sungai Lantai Tujuh. "Karena tebingnya bersusun 7 bang," katanya. 


BLT DD Tahap I 

Pada bagian lain, lanjut Baharuddin, juga mengabarkan bahwa pada Jumat (19/5) lalu, bertempat di sekretariat Pkk Desa, Pemerintah Desa Laiyolo Baru telah melaksanakan penyerahan BLT DD Tahap I (April s/d Mei 20 22) kepada  77 KPM.

Acara tersebut dihadiri Kepala Desa Laiyolo Baru (Hasanuddin ), BPD Desa Laiyolo Baru, para pendamping Desa (Muh. Tasdim dan Ibu Nur Pebriani), dan masyarakat penerima BLT DD.

"Alhamdulillah, selama prosesi penyaluran BLT berjalan lancar," pungkasnya. (Tim)