• Jelajahi

    Copyright © INDOLIN.ID | INDONESIA ONLINE
    Best Viral Premium Blogger Templates

    DAERAH

    Longsor Tutup Jalan Lumban Rau di Sumatera Utara

    INDOLIN.ID
    Senin, 15 Maret 2021, 09.21 WIB Last Updated 2021-03-15T02:24:36Z


    INDOLIN.ID
    . Jalan lintas  longsor menutup ruas Jalan Provinsi di Jalan Lumban Rau Desa Lumban Rau Kecamatan Habinsaran Kabupaten Toba, Sumatera Utara, Sabtu (13/03/2021) sekira pukul 21.30 Wib


    Becana Tanah Longsor terjadi disebabkan Curah Hujan yang sangat Tinggi dan berlangsung mulai hari Sabtu tanggal 15 Maret 2021, sekira Pukul 19.00 Wib. 


    Kondisi tersebut mengakibatkan beberapa titik ruas badan jalan tertimbun tanah dan tidak dapat dilalui oleh kendaraan Mobil maupun sepeda motor dari Pasar Parsoburan menuju Desa Lumban Rau dan sebaliknya dari arah Desa Lumban Rau menuju Pasar Parsoburan Kecamatan Habinsaran Kabupaten Toba.


    Menurut Kapolres Toba AKBP Akala Fikta Jaya S.ik,MH melalui Kapolsek Habinsaran IPTU Esron Napitupulu kepada  saat dikonfirmasi media mengatakan pihaknya telah mengerahkan alat berat untuk menyingkirkan material longsoran."Sudah ditangani penggusurannya. 


    Ruas jalan itu memang rawan longsor," katanya saat dihubungi lewat telepon. Menurutnya, panjang longsoran sekitar lima puluh meter, menyebabkan ruas jalan tertutup total.


    Lokasi Titik Bencana Alam Tanah Longsor yang Menutupi Ruas atau badan jalan merupakan Jalan Utama yang menghubungi Desa Lumban Rau Ke Pasar Parsoburan Kecamatan Habinsaran. Bahkan Menghubungkan ke Kecamatan Borbor, ujar Kapolsek Habinsaran


    Ditambahkan Kapolsek Habinsaran bahwa Bencana Tanah Longsor mengakibatkan rusaknya Lahan Perkebunan warga. Dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa dan tidak ada kerusakan Rumah atau Tempat Tinggal Warga Masyarakat.


    Pelaksanaan Pembersihan Tanah Longsor Di Jalan Lumban Rau Kecamatan Parsoburan dilakukan dengan menggunakan 1 Unit Alat Berat dari Pihak TPL Sektor Simare dengan dibantu oleh warga Masyarakat, Polri dan TNI membersihkan Badan / Ruas Jalan yang tertimbun tanah Longsor dengan menggunakan Alat Cangkul dan Sekop secara Manual, pungkasnya


    Hingga Saat Ini jalan sudah dapat dilalui oleh Sepeda Motor maupun mobil dan tetap dilakukan Himbauan Untuk Antisipasi terjadinya Longsor Susulan apabila terjadi Hujan.


    Mendapat laporan adanya Bencana Alam Tanah Longsor tersebut, pihak Sat lantas Polres Toba yang dipimpin oleh Kasatlantas Polres Toba IPTU Rapindo Taufik Gunawan Siahaan didampingi dua personil Lantas Toba, BRIGADIR Pelita Butar-butar, Dody Wisar Hutagalung langsung mengechek ke TKP longsor di Lumban Rau Kecamatan Habinsaran sekira pukul 09.30  Wib hingga pukul 15.00 Wib, sampai situasi telah dapat dilalui oleh kendaraan roda 4 dan roda 2.( Dison.T)

    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terbaru