-->
  • Jelajahi

    Copyright © INDOLIN.ID | INDONESIA ONLINE
    Indolin id
    CLOSE ADS
    CLOSE ADS

    ECONOMY

    Wabup Kepulauan Selayar Kunjungi Basarnas Pusat, Bahas Soal Ini

    INDOLIN.ID
    Jumat, 21 Mei 2021, 14.46 WIB Last Updated 2021-05-21T07:46:23Z

    INDOLIN.ID ■ Wakil Bupati Kepulauan Selayar, Saiful Arif, S.H., bersama Kepala Basarnas Sulawesi Selatan Dr. Junaidy, S.Sos., MM., Mar, melakukan audiensi ke Kantor Badan SAR (Pencarian dan Pertolongan) Nasional di Jakarta, pada Kamis (20/5/2021).

    Wakil Bupati Kepulauan Selayar dan Kepala Basarnas Sulawesi Selatan, diterima langsung Kepala Badan SAR Nasional Marsekal Madya (Marsdya) TNI Hendri Alfiandi.

    Dalam kesempatan itu, Wabup Saiful Arif yang didampingi Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Makassar, Djunaidi,  mengajukan proposal permohonan peningkatan status kelembagaan SAR (Pencarian dan Pertolongan) Selayar dari Pos menjadi Kantor.

    "Selayar terdiri dari 11 kecamatan (6 di daratan besar dan 5 tersebar di pulau pulau kecil) dengan jumlah pulau 130 buah, sehingga kondisi ini menyebabkan tingginya frekwensi mobilitas dan arus barang, penumpang maupun transaksi jasa melalui laut," kata Saiful Arif. 

    Hal ini mengakibatkan potensi terjadinya kecelakaan laut relatif tinggi, lanjutnya. 

    Hingga saat ini, Pemda Selayar bekerja sama dengan SAR Selayar belum bisa memberikan pelayanan maksimal karena terbatasnya anggaran, personil maupun armada dan  peralatan, sepanjang status kelembagaan SAR Selayar masih setingkat Pos. 

    Sementara itu, Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, Hendri Alfiandi sangat mengapresiasi langkah yang ditempuh Pemda Kepulauan Selayar. Harapan ini akan dipenuhi oleh Badan Nasional yang dipimpinnya.

    "Kami memaklumi kondisi Selayar, namun kita perlu bersabar untuk melewati proses dan prosedur yang ada, karena hal ini terkait dengan anggaran dan juga harus dikomunikasikan dengan Kementrian PAN dan Reformasi Birokrasi," ucap Hendri Alfiandi.

    Karena itu, Hendri Alfiandi memberikan beberapa petunjuk kepada Kepala Basarnas Sulawesi Selatan Junaidy, dengan menempatkan kapal operasonal di Selayar, setelah melakukan perbaikan seperlunya, sambil menunggu proses peningkatan status SAR Selayar. 

    Dalam audiensi tersebut, Kabasarnas didampingi Sekretaris Utama, Drs. Dianta Bangun, M.Kes., dan Kepala Biro Perencanaan, Moh. Barokna Haulah, S.S.

    Sementara itu, Wabup Saiful Arif bersama Ka Kantor Pencarian dan Pertolongan Makassar Djunaidi didampingi Kasubbag Umum, Bustanil.

    Usai audience, Kaban Nasional Pencarian dan Pertolongan menyerahkan cindramata, sedang Wabup Kep Selayar Saiful Arif menyerahkan proposal permohonan peningkatan status kelembagaan SAR (Pencarian dan Pertolongan) Selayar. (rls)

    Komentar

    Tampilkan

    BERITA TERBARU