Masjid Tua Kampung Gantarang Dipilih Menjadi Tempat Pengukuhan Kader GP Ansor Kepulauan Selayar


INDOLIN.ID,  Selayar - Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) angkatan ke- III, Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Kepulauan Selayar berlangsung sukses selama tiga hari yang dilaksanakan di Aula Kantor Kemenag Kepulauan Selayar, dari tanggal 11 sampai 13 Maret 2022.

Penutupan kegiatan Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD), dilaksanakan pada hari Ahad (13/3/2022), di Masjid Awaluddin kampung Gantarang Lalang Bata dan dirangkaikan dengan sesi pengukuhan atau pembaiatan kader gerakan pemuda Ansor Kepulauan Selayar.

Ketua PC GP Ansor Kepulauan Selayar, Ahmad Sultan saat dikonfirmasi pada Senin (14/3/2022), mengatakan bahwa kegiatan PKD ini adalah salah satu proses kederisasi bagi pemuda NU yang ingin menjadi bagian atau pengurus digerakan pemuda Ansor.

"Alhamdulillah, kita telah melaksanakan PKD selama tiga hari dan hari Ahad kemarin kita telah melaksanakan pengukuhan atau pembaiatan kader di masjid tua kampung Gantarang untuk sahabat-sahabat yang mengikuti pelatihan tersebut. Sengaja kita pilih kampung Gantarang sebagai tempat pembaiatan untuk kader, supaya kita kembali mengingat dan sekaligus ajang refleksi kepada kita semua khususnya para kader yang akan dikukuhkan bahwa awal masuk penyebaran agama Islam di Kabupaten Selayar berada di kampung Gantarang," ujar Ahmad Sultan.

Ketua PC GP Ansor Kepulauan Selayar ini juga berpesan kepada para peserta PKD, agar betul-betul mempunyai spirit perjuangan yang tinggi. Utamanya dalam membangun ghirah organisasi dan jaringan dalam mengembangkan dan memajukan organisasi GP Ansor di Kabupaten Kepulauan Selayar.

"Kami juga berharap kepada pemerintah daerah agar sekiranya memperhatikan kampung Gantarang Lalang Bata. Seperti akses jalan menuju daerah ini sudah rusak parah, padahal kita tahu bahwa di daerah ini ada Masjid tua dan kuburan yang diyakini masyarakat setempat adalah makam ulama besar yang menjadi situs dan bukti bahwa daerah inilah menjadi tempat awal penyebaran syiar agama Islam masuk," kata Ahmad.


Hadir dalam kegiatan pengukuhan dan pembaiatan kader gerakan pemuda Ansor Kepulauan Selayar yaitu sahabat Hamzah dan Hariyanto sebagai instruktur dari PW GP Ansor Sulawesi Selatan, Agus Salim mantan Ketua Banser Korcab Kepulauan Selayar serta Ketua PC GP Ansor Kepulauan Selayar berserta pengurus dan penitia pelaksanaan. (Tim).