-->
  • Jelajahi

    Copyright © INDOLIN.ID | INDONESIA ONLINE
    Indolin id
    CLOSE ADS
    CLOSE ADS

    ECONOMY

    Pelaku UMKM Di Kepulauan Selayar Wajib Ikuti Pola Ekonomi Digital

    INDOLIN.ID
    Jumat, 24 Februari 2023, 07.04 WIB Last Updated 2023-02-27T00:06:25Z

    INDOLIN.ID | SELAYAR Mendukung transformasi digital dan peningkatan ekonomi digital Indonesia menuju Industri 4.0 Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar bekerja sama dengan Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian  (BBPSDMP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggelar Pelatihan Digital Talent Scholarsip (DTS) 2023.

    Digital Talent Scholarship adalah program beasiswa pelatihan talenta digital yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan, keterampilan dan daya saing SDM di bidang teknologi Informasi.

    Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengakselerasi pemulihan ekonomi, sekaligus menciptakan  SDM dan Pelaku UMKM yang handal guna mendukung transformasi digital menuju industri 4.0, Jelas Wakil Bupati Kepulauan Selayar, Saiful Arif ketika membuka kegiatan pelatihan, di Ruang Pola Kantor Bupati, pada Jumat (24/2/2023)

    Kata Wabup, pembinaan UMKM merupakan kegiatan yang wajib secara terus menerus dilaksanakan, tak lain untuk menggerakkan lokomotif perekonomian khususnya di Kepulauan Selayar.

    Oleh karena itu,  orang nomor dua di Kepulauan Selayar ini menaruh harapan besar agar kegiatan ini berdampak pada lahirnya pelaku usaha atau pengusaha mellineal yang mampu berdaya saing secara global.

    "UMKM naik kelas ekonomi tancap gas," cetus Wabup Saiful Arif mengakhiri sambutannya.

    Sementara itu, mewakili Kepala BBPSDMP, Djunaidy Asfan selaku ketua Pengembangan SDM Kominfo Makassar mengatakan Pengembangan SDM unggul Indonesia penting dilakukan untuk menjawab revolusi industri 4.0.

    "Ekonomi digital di era revolusi industry 4.0 ini merupakan tantangan sekaligus kesempatan bagi pelaku usaha" ucapnya

    Oleh karena itu melalui pelatihan DTS ini mendorong SDM dan Pelaku usaha untuk dapat bersaing dengan mengadopsi atau mengoptimalkan ide dan bisnisnya ke bisnis digital dengan penggunaan teknologi.

    Diungkapkan, terdapat 3 akademi pelatihan DTS yang akan dilaksanakan dengan target peserta seluruh nya adalah 1450 orang, yakni pertama Government Transformation Academy (GTA), yang memberikan pelatihan pengembangan kompetensi digital bagi ASN/Non ASN.

    Kedua, Tematic Academy (TA), yang memberikan pelatihan bagi Guru/Tenaga Pendidik di Kabupaten Kepulauan Selayar.

    Selanjutnya  ketiga adalah Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA), yang memberikan pelatihan kepada pelaku UMKM.

    Kegiatan ini merupakan salah satu upaya Kementerian Kominfo dan Pemkab Selayar dalam mengembangkan program pembangunan SDM bagi Pelaku/Industri UMKM, ASN, Tenaga Pengajar agar memiliki pengetahuan/keterampilan di bidang IT sehingga membantu dalam pekerjaan maupun berwirausaha secara digital

    Usai ceremony pembukaan, acara dilanjutkan dengan paparan materi awal yang diisi oleh Kadis Disdagkumk Andi Abdurrahman, dan Kadis Kominfo yang diwakili Kabid Humas, informasi dan Komunikasi Publik Andi Sandra Esty Abriany (hms)

    Komentar

    Tampilkan

    BERITA TERBARU