-->
  • Jelajahi

    Copyright © INDOLIN.ID | INDONESIA ONLINE
    Indolin id
    CLOSE ADS
    CLOSE ADS

    ECONOMY

    21 ABK Kapal Tenggelam Belum Ditemukan, Ini Alasannya

    INDOLIN.ID
    Rabu, 13 Maret 2024, 23.36 WIB Last Updated 2024-03-13T16:36:40Z

    INDOLIN.ID | Selayar - Menyimak sejumlah informasi media televisi nasional yang menayangkan gambar-gambar upaya pencarian dengan speedboat Basarnas yang penjelasannya menyebut upaya pencarian korban kapal tenggelam di perairan Selayar, membuat sebagian penonton televisi di daerah ini geli dan kesal. 

    Pasalnya pencarian terhadap korban di wilayah perairan Taka Bonerate yang banyak ditemukan korban kapal naas tersebut belum sama sekali ada aktivitas seperti itu. 

    Kesannya mencari korban tapi hanya di depan pulau Selayar sementara lokasi pencariannya ada di sebelah selatan ke arah timur pulau Selayar, yang jaraknya bermil-mil laut dari gambar yang ditayangkan televisi, jelas Bobi salah seorang warga pulau di grup WhatsApp orang pulau.

    "Ditambah lagi penjelasan Basarnas Makassar yang menjadi narasumber di televisi, seolah-olah mereka ada di pulau sini. Allahu Akbar, memang harus hati-hati kita mengkonsumsi informasi media," jelasnya.

    Menurut Bobi, hingga saat ini, Rabu (13/3/2024), dirinya tidak pernah melihat ada upaya pencarian di sekitar Pulau Jinato dan Pulau Rajuni. Yang ada adalah dua orang korban selamat ditemukan warga dan dibawa ke kedua pulau ini.

    "Sekali lagi bukan ditemukan Tim Basarnas, tapi ditemukan oleh perahu warga yang melintas," kuncinya. 

    Sementara itu, sejumlah komentar-komentar netizen di medsos warga Selayar menyayangkan lambatnya upaya pencarian oleh lembaga terkait. Dan ada kesan sangat tidak peduli, yang terlihat adalah aparat desa, TNI dan Polri yang bertugas di sejumlah pulau yang aktif melakukan monitoring. Itupun sangat terbatas gerakannya karena fasilitas rescue yang tidak ada di semua pulau. 

    Catatan yang diterima, masih ada 21 orang awak kapal naas yang tenggelam belum ditemukan dan belum diketahui nasibnya. Sementara 12 orang lainnya ditemukan dan diselamatkan warga di Pulau Jampea, Pulau Kayuadi, Pulau Jinato dan Pulau Rajuni. 

    Belum ada konfirmasi resmi mengenai perkembangan informasinya. Namun diperoleh kabar bahwa kapal naas tersebut bukan bernama Dewi Jaya 2, tapi bernama Yuiee Jaya 2. 

    Sulitnya mendapat informasi mengenai kejadian ini diperparah dengan tidak adanya posko pengaduan ataupun posko terpadu. Sehingga banyak informasi liar terkait kejadian dan upaya pencarian yang dinilai menyesatkan dan mendramatisir proses pencarian. 

    Seperti yang diwartakan sebelumnya, Kapal naas KM. Dewi Jaya 2 terkena musibah saat berlayar dari pelabuhan Muara Baru Jakarta Utara tujuan perairan Lombok, NTB dalam aktivitasnya sebagai kapal nelayan. Namun saat berlayar, kapal ini dihadang cuaca buruk hingga tenggelam.

    Hingga hari kelima tim SAR Selayar baru mulai melaksanakan penyisiran pada hari ini, Selasa (13/03/2024) siang, namun belum membuahkan hasil yang ditunggu pihak keluarga korban. Yang ditemukan selamat adalah mereka yang terdampar dan terbawa arus ke perairan Kepulauan Selayar.

    Dari 35 orang Anak Buah Kapal (ABK) berserta Nahkoda KM. Dewi Jaya 2, demikian yang disampaikan oleh Sun Hen (57) selaku nahkoda kapal. Dilaporkan selamat sampai hari ini sebanyak 14 orang, sementara 21 orang lainnya masih belum diketahui nasibnya. Mereka yang selamat ditemukan terdampar oleh warga. (TIM)

    Komentar

    Tampilkan

    BERITA TERBARU