-->
  • Jelajahi

    Copyright © INDOLIN.ID | INDONESIA ONLINE
    Indolin id
    CLOSE ADS
    CLOSE ADS

    ECONOMY

    Menuju Kepulauan Selayar Religius, Menjadi Tema Nuzulul Qur'an 1444 H

    INDOLIN.ID
    Minggu, 09 April 2023, 03.43 WIB Last Updated 2023-04-08T20:43:52Z

    INDOLIN.ID | SELAYAR — Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar menggelar peringatan Nuzulul Qur'an 1444 H/ 2023 M di Masjid Agung Al-Umaraini Benteng, pada Jumat (7/4/2023) malam.

    Peringatan Nuzulul Qur'an ini dilaksanakan usai melaksanakan Shalat Tarwih berjamaah, yang dihadiri oleh Wakil Bupati Kepulauan Selayar H. Saiful Arif, SH sekaligus bertindak sebagai pembawa hikmah Nuzulul Qur'an. 

    Hadir Pula Ketua TP PKK Kabupaten Kepulauan Selayar Hj. Andi Dwiyanti Musrifah Basli, Sekda Kepulauan Selayar Mesdiyono, para asisten, unsur forkopimda, Kabag Kesra Siti Nadira Basrum selaku penyelenggara bersama para pimpinan OPD, para pimpinan BUMN dan BUMD serta para jamaah yang memadati Masjid Agung Al-Umaraini Benteng.

    Sedangkan tema yang diusung adalah "Tingkatkan Rasa Cinta dan Amalkan Al-Qur'an Menuju Kepulauan Selayar yang religius". Terkait dengan tema tersebut, Wabup mengemukakan bahwa Al-Qur'an bukan sekedar dicintai, tetapi juga harus diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. 

    "Pengamalan itu adalah bukti bahwa kita cinta Al-Qur'an," pungkas Saiful Arif. 

    Kendati demikian, kata Saiful Arif dengan rasa cinta yang mendalam tersirat pasti diamalkan. 

    Dikutip dari sebagian ceramah Wabup Kepulauan Selayar, dijelaskan bahwa para ahli berbeda pendapat tentang turunnya Al-Qur'an. Disebutkan ada dua makna Nuzulul Qur'an. Yang pertama, kata Saiful Arif Al-Qur'an diturunkan secara keseluruhan ke langit dunia. 

    Makna yang kedua, turunnya Al-Qur'an secara berangsur-angsur dari langit dunia kepada Nabi Muhammad melalui malaikat Jibril selama 23 tahun atau 22 tahun 2 bulan 22 hari. 

    "Menurut pendapat ulama turunnya Al-Qur'an waktunya juga berbeda. Ada yang mengatakan di bulan Rabiul Awal, ada juga yang mengatakan di bulan Rajab, juga ada yang mengatakan di Bulan Ramadhan," kata Saiful Arif. 

    Meski demikian pendapat yang paling kuat adalah di Bulan Ramadhan di tanggal 17 Ramadhan karena didukung oleh ayat, yang sampai sekarang menjadi tradisi untuk diperingati umat muslim setiap malam tanggal 17 Ramadhan.  

    Pendapat yang paling kuat, sambung Saiful Arif bahwa Al-Qur'an turun disaat Nabi Muhammad berusia 40 tahun. Angka ini menjadi angka yang sangat religius dalam agama Islam yaitu angka 40 dan 17.

    Dari pantauan pewarta, peringatan Nuzulul Qur'an tingkat Kabupaten Kepulauan Selayar ini berlangsung dengan aman dan lancar hingga kegiatan berakhir.(hms)
    Komentar

    Tampilkan

    BERITA TERBARU